Selasa, 03 Februari 2015

Wisata Taman Ujung Soekasada Bali





Daerah Kuta, Bali semua turis di dunia sudah tahu. Tapi, sedikit yang tahu tentang keindahan istana air bernama Taman Ujung Soekasada di Karangasem. Kecantikan arsitekturnya sungguh luar biasa.

Waktunya kita masuk dan kembali ke awal abad 20. Tepatnya tahun 1919, Taman Ujung Soekasada ini dibangun. Ini taman air kerajaan atau biasa disebut The Water Palace. Arsitektur bangunannya yang merupakan perpaduan antara Bali dan Eropa ini, dahulu merupakan tempat peristirahatan Raja Karangasem. Sekaligus juga tempat menjamu dan menyambut tamu-tamu penting seperti raja-raja.


Nuansa arsitektur bangunan dan taman airnya, benar-benar seperti mantra yang memaksa bibir kita memujinya. Tapi sayang tahun 1963 dulu, The Water Palace ini sempat diporak-porandakan oleh letusan Gunung Agung, gunung terbesar di Pulau Seribu Pura ini. Tidak sampai situ saja, gempa yang terjadi pada tahun 1976 itu hanya menyisakan puing-puing bangunannya saja. Tapi, kesan megahnya masih tetap ada.

Tahun 2001-2003 adalah tahun dimana pemerintah Karangasem membangunnya kembali untuk mengembalikannnya kepada bentuk semula, agar warisan budaya ini tetap lestari. Hal ini bisa  terbukti dengan keberadaannya sekarang.



Taman Ujung Soekasada merupakan tempat yang layak dikunjungi di Bali baik bersama keluarga ataupun dengan pasangan. Selain itu di sini kita bisa belajar sedikit tentang sejarah, maka sangat cocok untuk tempat berlibur bagi anak-anak. Taman Ujung Soekasada, juga merupakan salah satu tempat favorit calon pengantin untuk melakukan foto pre wedding. Baik calon pengantin orang Bali atau dari daerah lain di Indonesia.

Jika anda mau berkunjung ke Taman Ujung Soekasada, tidaklah susah, anda bisa memakai jasa Paket Tour Bali bersama Bali Aga Tour. Dan bagi anda yang berdomisili di Surabaya maupun sekitarnya, anda bisa daftar di Paket Tour Surabaya Bali, selain Taman Ujung Soekasada anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang dekat seperti Pantai Virgin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar