Rabu, 23 Januari 2013

Wisata Air Panas Banjar Bali

Bali terkenal dengan keindahan Pantai dan juga bangunan Pura- pura yang unik dan menakjubkan. Tetapi selain keindahan - keindahan itu, wisata di Bali masih banyak menyimpan tempat - tempat wisata yang menarik dan bisa dijadikan salah satu tujuan wisata saat anda berlibur di Bali salah satunya adalah Air Panas Banjar. Pemandian Air Panas Banjar berlokasi di Desa Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Berjarak 25 km dari Kota Singaraja dan 80 km dari Kota Denpasar. Libur panjang, 16-19 November 2012 lalu, asyiknya mengunjungi tempat wisata yang bersahabat untuk kami para mahasiswa.

Air Panas Banjar merupakan salah satu mata air panas dari banyak objek wisata di Bali yang bisa dikunjungi oleh Anda dan juga wisatawan lainnya. Air panas ini bersumber dari mata air alam yang dianggap banyak kalangan bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, sepert kudis, kutu air, kurap, maupun panu. Demikian juga, bahwa air panas ini bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit kulit karena kandungan belerangnya.
Objek wisata air panas Banjar ini memang masih dikelola secara sederhana, namun hal demikian tak membuat objek wisata yang mengandalkan alam ini tak serta-merta kurang diminati pengunjungnya. Banyak diantara mereka yang ketagihan untuk datang lagi dan lagi mengunjungi air panas ini karena selain bisa menyembuhkan penyakit juga keadaan alamnya yang masih asri. Bahkan banyak diantara pengunjung yang berendam di air panas ini karena keteduhan  dan kejernihan airnya.

Ada 3 kolam air panas di Pemandian Air Panas Banjar. Kolam pertama atau yang paling atas punya 8 buah air mancur yang keluar dari mulut patung naga. Kolam pertama ini punya lebar sekitar 1,5 meter, panjang sekitar 12 meter, dengan kedalaman 1 meter. Sedangkan kolam kedua merupakan kolam yang paling luas di antara ketiganya. Dengan lebar sekitar 10 meter, panjang 12 meter dan kedalaman 1-2 meter, kolam ini punya bentuk bertingkat.Untuk kolam ketiga punya 3 buah pancuran patung naga dengan ketinggian 3,5 meter. Kolam ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk menikmati pijatan air yang jatuh dari pancuran naga tersebut. Mandi di kolam ini, air seolah memijat seluruh tubuh.

Tiket masuk ke Pemandian Air Panas Banjar ini dibanderol Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Untuk tiket parkir mobil dihargai Rp 3.000. Biaya ini cukup bersahabat untuk kaum mahasiswa. Pemandian Air Panas Banjar buka setiap hari, mulai pukul 08.00 - 18.00 Wita.

Di dekat wisata air panas Banjar juga terdapat Vihara Buddha Banjar, merupakan vihara yang terbesar di Bali terletak di atas lahan seluas 1 hektar, ini membuktikan kerukunan beragama di Bali terjaga dengan cukup bagus, selain pura yang ada karena mayoritas penduduknya beragama Hindhu tempat-tempat ibadah dari pemeluk agama lainpun berkembang dengan cukup bagus, ini karena toleransi antara pemeluk agama yang satu dengan lainnya yang baik, seperti halnya Brahmavihara Arama, Vihara ini didirikan oleh Bante Girri Rakhito Mahatera pada tahun 1958, kemudian mengalami pemugaran yangselesai dibangun pada tahun 1970 yang tahap pengerjaanya butuh beberapa tahun, selain sebagai tempat ibadah bagi agama Budha, juga menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi para pelancong.

Jika anda ingin mengunjungi obyek wisata yang terdapat di  Bali bagian utara, sempatkanlah berkunjung ke Air Panas Banjar dan Vihara Buddha Banjar. Jika memerlukan sewa mobil plus driver, driver kami bisa mengantar anda menuju tempat - tempat wisata favorite di Bali.

Selamat Berkunjung!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar