Senin, 24 Desember 2012

Wisata Pura Goa Gajah di Bali

Siapa yang belum pernah mendengar Pulau Bali yang terkenal dengan Pulau Seribu Pura?  Tentunya, hampir semua orang pernah mendengar julukan itu. Jika datang ke Bali, disana - sini selalu menemukan Pura. Selain banyak terdapat Pura, tentunya mempunyai keindahan alam yang sudah dikenal sampai ke manca negara. Karena itu Bali merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat diminati untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik ataupun wisatawan manca negara. Tentunya berbagai Layanan Wisata di Bali dibutuhkan oleh para pengunjung guna memastikan liburan mereka bisa dinikmati dengan nyaman dan penuh kegembiraan.

Pura yang dijadikan tempat wisata juga tidak bisa dihitung, karena terlalu banyak tempat wisata pura di Bali. Tetapi tidak ada salahnya Pura di Bali dijadikan tempat wisata, karena memang Pura - Pura di Bali dibangun dengan bentuk bangunan yang menakjubkan dan memiliki keunikan masing - masing. Hal itu yang membuat banyak para wisatawan datang ke Bali untuk mengunjungi Pura yang ada di Bali dan para wisatawan juga menghargai bahwa Pura itu merupakan tempat wisata oleh sebab itu para wisatawan yang datang ke Pura memakai kain atau senteng yang diikatkan dipinggang dengan alasan untuk menghormati Pura dan menghargai masyarakat hindu di Bali.

Salah satu Pura yang dijadikan tempat wisata dan menarik perhatian banyak wisatawan adalah Pura Goa Gajah. Pura ini terletak di sebelah barat Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Jaraknya sekitar 26 km dari kota Denpasar. Lokasi tepatnya goa ini adalah di tepi jurang dan merupakan pertemuan dari sungai kecil di desa tersebut.
Goa Gajah adalah salah satu tujuan wisatawan baik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Saat kita mengunjungi Goa Gajah serasa menelusuri masa lalu kebudayaan Bali sejak Zaman Purba karena Pura Goa Gajah dikenal sebagai tempat pertapaan Hindu dan Budha peninggalan abad ke 11.
Mengenai asal usul nama Goa Gajah, diduga kata Goa Gajah berasal dari kata “ Lwa Gajah”, yang berarti wihara tempat pemujaan para Bhiksu umat beragama Budha. Pada lontar Negarakertagama yang disusun oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 M terdapat nama tersebut. Sedangkan kata “ Lwa “ berarti sungai. Maka disimpulkan menjadi pertapaan yang terletak di tepi sungai.
Untuk menuju sebuah goa dengan pahatan yang indah, kita harus menuruni anak tangga dari tempat parkir. Kita tidak akan merasa lelah atau jenuh selama melakukan perjalanan menuju Goa Gajah karena tempat wisata ini dikelilingi dengan pepohonan hijau yang rindang, sehingga suasananya sangat sejuk dan asri.
Saat sampai di Depan Goa, kita akan langsung melihat pahatan – pahatan yang indah dan 2 patung penjaga. Pintu masuk melalui mulut goa hanya cukup untuk 1 orang. Pada bagian luar pura ini terdapat kolam pancuran yang ukurannya cukup besar. Selain itu disekitar goa juga terdapat patung petirtaan dengan tujuh patung widyadara–widyadari yang sedang memegang air suci. Pancuran air suci yang mengalir dari badan beberapa arca yang berdiri berjejer yang seolah menyambut kunjungan wisatawan. Total patungnya ada tujuh yang merupakan symbol dari tujuh sungai di India, dimana tempat kelahiran agama Hindu dan Budha.
Cara meletakkan arca pada bagian goa adalah dengan membuat ceruk – ceruk batu. Salah satu arca yang menarik perhatian wisatawan adalah arca Ganesha. Ganesha adalah lambang kebijaksanaan dalam mitologi Hindu. Arca Ganesha ini berusia ribuan tahun dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.
Goa Gajah menjadi salah satu tujuan wiatawan dari sekian banyak tempat wisata di Bali karena wisata Pura Goa Gajah memiliki daya tarik tersendiri.

Jika anda salah satu wisatawan yang menyukai wisata Pura di Bali dan ingin mengabadikan foto Pura di Kamera anda, anda bisa memilih Pura Goa Gajah untuk tujuan wisata Bali dan kami mempunyai beberapa Paket Wisata yang ada kunjungan ke Pura Goa gajah salah satunya Paket Kintamani Tour. Jadi, jangan sia-siakan waktu anda di Bali hanya untuk mengunjungi wisata Pantai saja.

Selamat Berkunjung!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar