Selasa, 13 November 2012

Wisata Pura Tanah Lot

Pulau Bali sangat cocok dijuluki Pulau Seribu Pura karena dimana-mana selalu ada Pura. Hal itu disebabkan karena penduduk pulau bali sebagian besar menganut agama Hindu. Dari sekian banyaknya pura di Bali tidak satupun memiliki bentuk yang sama, semua pura memiliki keunikan tersendiri. Salah satu Pura yang memiliki keindahan dan keunikan yang dijadikan tempat Wisata di Bali adalah Pura Tanah Lot.

Nama Tanah Lot tentunya tak asing bagi para wisatawan yang telah berulang kali datang ke Bali. Jangankan yang telah datang berulang kali, masyarakat yang berada di luar wilayah Bali pun sudah sering mendengar nama objek wisata sangat indah ini entah dari televisi, koran, internet, cerita teman, dsb. Tanah Lot memang menyajikan keindahan alam yang menakjubkan yang sulit untuk menemukan tandingannya.

Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura di tengah pantai tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), biasanya para tamu akan datang pada sore hari untuk melihat melihat keindahan sunset.

Pura tanah lot ini didirikan pada abad ke XV Masehi oleh Dang hyang nirartha atau yang lebih dikenal sebagai Empu Bawu Rawuh yang berasal dari Kerajaan Majapahit di pulau jawa. Pura Tanah Lot terletak di laut atau terpisah dari daratan dan di sekitar pura tanah lot ini terdapat pula beberapa pura kecil dan besar antara lain Pura Pekendungan. Di bawah dan di sebelah barat terdapat sumber air tawar yang merupakan air suci bagi Umat Hindu.

Selain itu, Pura Tanah Lot juga Dijaga Oleh Ular Suci yang tinggal di tengah gua. Konon, bagi para pengunjung yang memiliki permintaan dan belum terkabulkan, bisa dengan cara menyentuh ular penjaga pura itu, keinginannya bisa terkabulkan asalkan permintaannya itu masuk akal. Jika air laut pasang, maka pura ini akan kelihatan seperti sebuah perahu terapung di atas air. Di Tanah Lot kita dapat menyaksikan timbulnya bulan purnama di malam hari dan tenggelamnya matahari di kaki langit, merupakan suatu pemandangan yang sangat indah. 

Bagi wisatawan yang menikmati liburan di Bali, Pura Tanah Lot cocok dijadikan pilihan wisata karena liburan di Bali akan terasa belum lengkap apabila belum mengunjungi Pura Tanah Lot.

Selamat Berkunjung!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar