Jumat, 16 November 2012

Obyek Wisata Pura Uluwatu

Membahas mengenai Pulau Bali hampir tak bisa dihitung obyek-obyek wisata yang mempesona karena terlalu banyaknya. Pulau yang dijuluki Pulau seribu pura ini begitu mendunia dan hampir semua orang berkeinginan untuk menikmati wisata di Bali. Tidak salah kalau pulau Bali di juluki Pulau seribu Pura karena penduduknya sebagian besar menganut agama Hindu. Pura dibangun bukan untuk tempat ibadah bagi Umat Hindu saja tapi bisa juga dijadikkan tempat wisata karena memang bentuknya yang enak di pandang mata serta terlihat unik. Walaupun begitu banyaknya terdapat Pura di Bali, tak satupun mempunyai bentuk Pura yang sama, semua memiliki keunikan masing-masing. Salah satu Pura di Bali yang dijadikan obyek wisata adalah Pura Uluwatu. Pura ini memang pantas dijadikan obyek wisata karena pura ini memiliki keunikan yaitu pura yang berdiri kokoh di atas batu karang yang menjorok ke arah laut dengan ketinggian sekitar 50 meter. Di sore harinya sambil menikmati indahnya sunset, anda dapat menyaksikan pementasan tari bali yang terkenal hingga ke manca negara yaitu Tari Kecak.

Pura Luhur Uluwatu berfungsi sebagai tempat pemujaan Dewa  Rudra. Pura Uluwatu dipercaya oleh umat Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin atau disebut dengan Pura Sad Kahyangan. Pura Luhur Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, sekitar 25 km ke arah selatan dar wilayah wisata Kuta, terletak di ujung Barat Daya Pulau Bali.

Menurut Lontar Kusuma Dewa, pura ini didirikan atas anjuran Mpu Kuturan sekitar abad kesebelas, sebagai tempat untuk menurunkan ajaran Desa adat dengan segala aturan-aturannya dan selanjutnya pura ini dipakai untuk memuja oleh seorang pendeta suci yang bernama Dang Hyang Nirartha, seorang pendeta yang berasal dari Jawa, datang ke Bali pada tahun 1546 M, yaitu pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong.

Selain itu kawasan pantai di Uluwatu dengan ombaknya yang cukup besar sangat menantang untuk pencinta olahraga surfing. Tiap tahun event berlevel internasional selalu diadakan di pantai seputaran Uluwatu ini.
Wisatawan yang berlibur ke Bali, kurang lengkap kalau belum mengunjungi Pura Uluwatu untuk melihat keindahan sunset yang eksotik sambil menyaksikan atraksi Tari Kecak/Tari Api.

Selamat berkunjung!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar